Contoh Testimoni – Hai gengs, apa kabar kalian semua? Mimin harap kalian dalam keadaan dan mood yg baik ya guys!
Bukan mimin tamvan namanya bila tak dapat menghadirkan kepada kalian ragam penjelasan serta hal-hal menarik yg tentunya sangat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua gengs.
Jumpa kita kali ini mimin tertarik banget untuk menghadirkan kepada kalian berupa penjelasan mengenai contoh testimoni dan cara memperoleh testimoni pelanggan. Tentunya kalian kepo banget dong mengenai penjelasan lengkap mengenai contoh testimoni? Untuk menghilangkan rasa penasaran kalian, maka simaklah sajian mimin yg ada di bawah ini.
Tentang Testimoni
Testimoni tentu terdengar tidak asing bagi diri kalian bukan guys? Pernyataan atau kesaksian terhadap sebuah produk atau barang yg telah dicoba atau pun dokonsumsi itulah yg disebut testimoni. Dan benar adanya geng, bahwa sifat dari testimoni ialah bersifat terbuka dan jujur.
Perlu untuk kalian ketahui bahwa bila seorang konsumen telah puas dengan hasil testimoni yg ia lakukan, maka setelahnya akan berdampak pada penjualan kalian yg meningkat. Bila tidak puas, maka sebaliknya lah yg akan terjadi, penjualan kalian akan menurun karena satu ulasan tidak baik yg telah disebar oleh satu konsumen yg melakukan testimoni sebelumnya.
Untuk testimoni sendiri mimin pikir sudah sangat sering kita melihatnya, apakah itu di marketplace atau bahkan suatu online shop. Yg mana sering kali memang para penjual meminta para pembeli untuk dapat melakukan testimoni terhadap produk atau barang yg mereka telah beli sebelumnya.
Testimoni sendiri ialah penilaian yg dapat mencakup banyak hal yg dimiliki oleh produk atau barang loh guys. Dapat berupa bentuk fisik, produk, aroma, khasiat hingga kegunaan. Bahkan sering kali hal-hal seperti pelayanan dari pihak penjual. Misal seperti interaksi dengan konsumen, pelayanan pengiriman, sampai pada layanan purna jual atau menanggapi komplain yang mungkin hadir termasuk juga pada kegiatan testimoni loh.
Pengertian Testimoni
Jelasnya Testimoni adalah suatu tindakan semacam pernyataan atau dapat dikatakan kesaksian yg diberikan oleh para konsumen yg berhubungan langsung dengan pengalaman saat mereka melakukan kegiatan jual beli dengan penjual.
Seringnya tindakan pernyataan yg dilakukan oleh konsumen tersebut bersifat jujur, serta juga terbuka, secara sadar dan sengaja. Yang mana hal tersebut sama sekali tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan suatu produk. Tanpa ada sama sekali unsur kepentingan pribadi pada tindakan tersebut.
Fungsi testomoni sendiri bagi perusahaan sangatlah penting untuk dapat dilakukan, yakni sebagai bahan evaluasi penilaian terhadap produk atau jasa yg mereka akan tawarkan nantinya kepada para konsumen. Terlebih pada jual beli online, tanpa adanya testimoni, maka sangat sulit bagi pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usaha online tersebut ya gengs.
Contoh lainnya dari testimoni ialah pada saat kita membeli sesuatu di market place, saat kita telah selesai bertransaksi terhadap produk yg kita beli, setelah kita melakukan hal tersebut, maka akan muncul pada layar sebuah kolom testimoni yg mana kalian akan diminta untuk dapat memberikan pernyataan kalian mengenai produk yg tadinya kalian beli.
Bahkan kalian nantinya juga akan diminta memberikan rating pada produk yg kalian beli tersebut. Dari bintang 1 hingga 5, mana yg akan kalian pilih, itu tergantung pada diri kalian dan barang yg kalian beli. Binatang 1 untuk kalian yg tidak puas, bintang 2,3,4 buat kalian yg tidak terlalu puas, bintang 5 buat kalian yg senang dan puas banget dengan produk tersebut.
So, dapat ditarik kesimpulan bahwasanya testimoni sangatlah berkaitan erat dengan yg namanya sebuah kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yg diperjual belikan.
Dan perlu untuk kalian ingat bahwasanya kepuasan pelanggan sangatlah berkaitan erat dengan tingkat penjualan dari produk atau jasa yg diperjual belikan tersebut. Tingkat penjualan yg baik dan tinggi akan menjadikan bisnis menjadi lancar dan memperoleh keuntungan besar bagi si pelaku usaha.
Manfaat Testimoni
Emangnya apa sih min manfaat dari testimoni terhadap suatu produk atau jasa yg diperjual belikan?
Ada banyak sih manfaat testimoni ini, tak hanya pembeli yg dapat merasakan dampak atau hasilnya, melainkan juga sang penjual akan memperoleh banyak manfaat dari adanya tindakan tersebut. Untuk penjelasan lengkapnya mari simaklah sajian mimin yg ada di bawah ini ya.
1. Mampu Menghadirkan Rasa Percaya Konsumen Terhadap Produk atau Jasa Yg Diperjual Belikan
Hal demikian sangatlah penting untuk dapat dilakukan, didukung dengan hasil testimoni yg memang sangat baik dan bagus, maka akan diperoleh juga pola pikir dan emosi yg baik terhadap produk atau jasa yg hendak diperjual-belikan tersebut.
Dan secara tidak langsung contoh testimoni yg baik nantinya akan dapat juga meningkatkan rasa kepercayaan para konsumen terhadap produk atau jasa yg ditawarkan sebelumnya. Dengan sudah diperolehnya kepercayaan konsumen, maka untuk melakukan pengemnbangan bisnis bukanlah hal yg sulit lagi untuk dapat dilakukan.
2. Bahan Evaluasi Bisnis
Kadang terdengar serta terlihat tidak mengenakan memang hasil testimoni jujur, karena segala kekurangan terhadap barang yg dicoba dijelaskan dengan detail dan rinci, namun di situlah hal baiknya. Setelahnya kalian mengetahui apa-apa saja yg kurang dan salah dari produk atau barang yg kalian jual pada bisnis kalian.
Hal-hal seperti komentar tidak baik bahkan terkesan mengejek terhadap produk atau barang yg kalian miliki dapat kalian jadikan sebagai acuan untuk dapat menghasilkan produk atau pun barang yg sekiranya lebih bagus lagi guys, jangan pandang komentar buruk mereka sebagai hal negatif yg membuat peforma kalian menurun, tapi pandanglah komentar buruk tersebut sebagai hal positif yg membuat diri kalian lebih bersemangat lagi ya gengs.
Beranilah untuk menerima segala bentuk komentar buruk, agar kalian setelahnya dapat terus belajar dan belajar dari kesalahan sebelumnya. Belajar dan terus belajar dari kesalahan itulah yg membuat diri kita lebih baik baik lagi, jangan merasa puas dengan hasil yg telah dicapai. Karena bila kalian sudah puas dengan hasil yg kalian peroleh, maka enggan rasanya untuk dapat belajar.
3. Untuk Dijadikan sebagai Media Pemasaran
Bila dipikir-pikir lagi, memang benar adanya testimoni secara tidak langsung ialah media pemasaran yg dapat dilakukan oleh pihak penjual secara gratis , akan tetapi hal tersebut akan dapat terjadi bila perasaan percaya konsumen terhadap produk atau barang tersebut sudah tinggi.
Bagaimana sih min sebuah testimoni dapat menjdi media pemasaran yg gratis?
Gini ya gengs, bila seorang konsumen telah percaya dan senang terhadap sebuah produk ataupun barang, maka setelahnya ia bakal menceritakan hal tersebut dengan sendirinya kepada orang lain. Apakah itu temannya, keluarganya dan atau pun orang terdekat lainnya. Semakin banyak orang yg mengetahui hal baik dan bagus terhadap produk atau barang tersebut, maka semakin banyak pula yg berminat untuk dapat membeli produk atau barang tersebut.
Ya sama halnya dengan yg dikatakan pepetah lama, yakni seperti menembak dua burung dengan satu peluru. Yg dilakukan di sini hanya melakukan tesimoni untuk memperoleh pendapat orang-orang terhadap produk atau barang yg dijual, akan tetapi secara tidak langsung dapat juga menjadi media pemasaran yg benar-benar membantu. So kalian tak perlu lagi repot-repot mengeluarkan biaya untuk melakukan promosi ataupun semacamnya.
4. Sebagai Customer Reward
Sifat dasar manusia yg suka melihat dan selalu ingin berpendapat terhadap suatu hal memiliki peran penting dalan hal customer reward ini.
Saat seorang penjual hendak meminta pendapat dan masukan dari si pembeli terhadap produk atau barang yg dijual dengan melakukan testimoni, dan pendapat dan masukkan dari si pembeli begitu diperhatikan dan diterima dengan baik oleh si penjual. Secara tidak langsung hal tersebut menjadi kebanggan sendiri loh guys bagi si pembeli atau konsumen. Dan secara tidak langsung nantinya menjadikan diri mereka begitu senang dan royal terhadap segala hal mengenai bisnis penjualan produk/barang yg kalian miliki.
Contoh Testimoni
Sering kali kita menemukan banyak sekali hasil testimoni pada iklan produk di market place, dan hal tersebut terkadang membuat diri kita tertarik untuk dapat membacanya.
Namun buat kalian yg belum mengetahui dengan jelas apa itu testimoni, maka simaklah beragam contoh testimoni di bawah ini.
“Seorang gadis perempuan bernama Dinda memberikan testimoni, setelah dirinya melakukan pembelian sepasang sandal wanita yg ia temukan pada salah satu online shop.
Adapun contoh testimoni yg ia berikan bertuliskan yakni:
“Bahan sandal heels yg ternyata sangat bagus, namun dengan harga yg sangat terjangkau harganya, yakni Rp. 100.000. Sungguh murah dan hebat banget bukan? Dan saat dipakai pun rasanya begitu terasa kokoh, kuat namun sangatlah nyaman. Next time bakal order lagi sih gw nantinya.”
Begitulah yg disampaikan Dinda sebagai contoh testimoni terhadap selop heels yg ia beli.
Contoh testimoni lainnya ialah berasal dari konsumen bernama Ani. Ia menyampaikan pesan singkat terhadap barang yg telah ia beli dan sudah diterima oleh dirinya.
Adapun yg ia sampaikan sebagai testimoni ialah:
“Paket yg saya pesan udah saya terima kakak, paketnya sudah dikemas dengan baik serta aman, dan untuk barangnyapun memang benar adanya asli tidak KW. Soalnya nampak jelas pada barcode yg ada pada kotak kemasannya. Segera mungkin sih saya coba pesanan saya ini, semoga aja sesuai dengan saya kak, thanks ya kak.”
Dan perlu untuk kalian ketahui juga guys bahwasanya sering kali testimoni disertai dengan foto atau pun vidio dari produk yg dibeli, sehingga konsumen dapat mengetahui dengan jelas produk yg akan mereka beli.
Bagaimana Caranya Untuk Dapat Memperoleh Testimoni Pelanggan Min?
Ada banyak cara sih guys untuk memperoleh banyak testimoni dari pelanggan, namun kalian selaku pelaku usaha harus mampu untuk dapat menerimanya. Dari hasil testimoni yg telah dilakukan pelanggan, baik itu respon positif atau bahkan respon negatif harus dapat diterima dengan baik guys.
Untuk mengetahui dengan jelas bagaimana caranya memperoleh contoh testimoni, mari simaklah sajian mimin di bawah ini.
1. Sangat senang untuk aktif dalam melakukan komunikasi serta interaksi dengan konsumen
Dalam dunia bisnis kita tak hanya dituntut untuk untuk dapat menyajikan produk atau jasa yg baik kepada para konsumen, melainkan juga komunikasi serta interaski yg baik dan benar lah yg perlu untuk dapat aktif dan senang kalian dilakukan.
Emangnya contoh komunikasi dan interaksi yg baik dan benar itu seperti apa min?
- Rajin mengirimkan pesan secara langsung pada setiap konsumen yg telah melakukan interaksi dengan kalian, hingga bersedia memberikan waktu melakukan testimoni pada produk atau jasa yg kalian miliki.
- Berusaha untuk fast respon terhadap setiap tindakan konsumen yg berkaitan erat dengan produk atau jasa yg dimiliki.
- Rajin juga membalas pesan langsung atau email yg dikirimkan oleh konsumen kepada kalian.
2. Menghargai dengan benar Testimoni yg telah dilakukan oleh para Konsumen
Maksud menghargai pada konteks ini ialah menerima setiap respon yg dilontarkan oleh para konsumen terhadap produk yg kalian miliki, baik itu respon positif atau respon negatif. Diri kalian selalu pelaku usaaha harus dapat menerimanya dengan baik dan menjadikan pembelajaran hal tersebut.
Tindakan seperti membalas respon negatif yg dilontarkan oleh konsumen dengan membalas hal yg sama sangat benar-benar tidak mimin anjurkan untuk dapat kalian lakukan ya guys.
3. Dapat sering aktif pada Media Sosial
Seperti yg kita ketahui bahwasanya kegiatan jual beli sekarang seringnya dilakukan melalui online. Hal tersebut terlihat sangat sudah hal yg biasa banget dilakukan saat ini. Yang dulunya face to face, sekarang hanya melalui sosial media saja sudah dapat memperoleh keuntungan jual beli, sungguh hebat zaman sekarang ini.
So buat kalian yg hendak memperoleh contoh testimoni maka pilihlah media sosial sebagi tujuan kalian, saran atau perbaikan yg kalian peroleh nantinya akan dapat kalian diperoleh dari banyaknya pengguna sosial yg sering kali menyajikan hal-hal baru yg terjadi pada mereka di akun media sosial yg mereka miliki dan masih banyak lainnya guys.
Dari adanya hal-hal demikian, maka kalian selaku pelaku usaha bisnis online akan mengetahui segala rasa yg dimiliki para konsumen terhadap produk atau jasa yg kalian perjual belikan, hingga mengetahui jelas bagaimana efek produk yg kalian miliki pada keseharian mereka.
Namun pada dasarnya interaksi yg baik lah yg perlu untuk kalian lakukan guna mengembangkan usaha dan jangkauan bisnis kalian nantinya.
Kesimpulan Contoh Testimoni
Dari segala penjelasan yg mimin sajikan di atas tentang contoh testimoni, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan yakni bahwa testimoni ialah semacam bentuk pernyataan atau pendapat konsumnen terhadap segala macam bentuk transaksi yg telah mereka lakukan sebelumnya dengan pihak penjual. Segala macam bantuk hasil testimoni yg telah dilakukan oleh konsumen baik dan buruknya harus dapat diterima oleh si penjual. Hal demikian wajar saja terjadi mengingat pernyataan testimoni yg terkesan terbuka dan bersifat jujur.
Testimoni berkaitan erat dengan yg namanya kepuasan, bila pelanggan puas dengan produk atau barang yg disajikan, maka testimoni yg diperoleh ialah pernyataan atau komentar positif. Bila pelanggan tidak senang dan tidak puas, maka komentar negatif yg bakal diperoleh nantinya.
Perlu untuk kalian ketahui bahwa cara terbaik untuk dapat menjadikan konsumen dapat setia dengan produk barang yg kita miliki ialah dengan cara memberikan customer reward kepada mereka.
Namun untuk dapat melakukan hal tersebut hal pertama yg perlu untuk kalian ialah mengetahui dengan jelas siapa-siapa saja konsumen yg telah menyampaikan testimoni baik dan bagus terhadap produk dan bisnismu. Kalian catat siapa saja konsumen yg pantas menerima customer reward. Terlihat sepele memang hal tersebut, namun dampak terhadap produk dan bisnismu akan besar nantinya loh. Jadi luangkan lah waktu kalian untuk dapat melakukan kegiatan tersebut.
Cukup sekian gengs sajian mimin kali ini mengenai contoh testimoni dan pengertiannya yg mimin sajikan secara lengkap pada penjelasan yg terdapat di atas.
Thanks guys buat kunjungannya, See u in the next artikel!